Mendagri Perintahkan Pemadam Kebakaran Jadi Dinas Tersendiri

Mendagri Perintahkan Pemadam Kebakaran Jadi Dinas Tersendiri

foto: bobo.grid.id

Mendagri Tito Karnavian telah menetapkan Permendagri No. 16 Tahun 2020 tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi dan Kabupaten/Kota yang saat ini dalam proses di Kemenkumham untuk diundangkan. Mantan Kapolri ini beralasan di banyak negara ada tiga unit tugas yang menjadi bagian dari kedaruratan, yaitu aparat keamanan, pemadam kebakaran (Damkar) dan ambulans. Bahkan di negara Spanyol, berlaku sistem satu atap.

Selain itu, PP No. 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dengan tegas menyatakan bahwa penyelenggara Damkar adalah dinas daerah provinsi dan dinas daerah kab/kota yang menyelenggarakan sub urusan  kebakaran. 


“Jadi harusnya dinas tersendiri, tapi di beberapa daerah menjadi sub dinas. Seolah-olah masalah kebakaran adalah masalah biasa. Ketika terjadi kebakaran baru dicari. Jadi posisi Damkar seperti dilupakan tapi dirindukan,” demikian tutur Mendagri sebagaimana dikutip laman kemendagri.go.id


Mendagri meminta kepada seluruh gubernur bupati dan walikota agar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan sebagai dinas yang mandiri tidak digabungkan dengan perangkat daerah lain dan paling lama dalam tempo satu tahun setelah permendagri tersebut diundangkan.(dik)

Share this post

Post Comment